Profil

KELURAHAN PENATIH



Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra meresmikan Kantor Kelurahan Penatih yang menghabiskan biaya pembangunan sebesar Rp1 miliar.

Peresmian kantor yang terletak di Jalan Trenggana, Penatih itu, ditandai dengan "pemelaspasan" dan penandatangan prasasti disertai pengguntingan pita oleh Wali Kota Rai Mantra, Rabu.

I Ketut Buda, ketua panitia peresmian kantor tersebut membenarkan, pembangunan kantor kelurahan yang berdiri di atas lahan seluas delapan are atau 800 meter persegi itu telah menghabiskan dana sekitar Rp1 miliar.

Dana itu terbagi Rp950 juta untuk pembangunan gedung dan fasilitasnya serta Rp50 juta bagi keperluan acara peresmian serta ritual adat "pemelapasan".

Dana yang digunakan bersumber dari beberapa aset yang dimiliki oleh Kelurahan Penatih, seperti LPD dan koperasi serta penggalangan dana melalui bazar.

Selain itu, tambah dia, juga berasal dari para donatur serta ditambah dari Pemkot Denpasar.

Dia menjelaskan, gedung baru itu memiliki beberapa ruangan, dari ruang kerja, pertemuan, sampai ruang tamu, yang dilengkapi dengan halaman parkir yang cukup memadai.

Sementara Wali Kota Denpasar IB Rai D Mantra mengatakan, berdirinya bangunan kantor kelurahan dengan biaya cukup besar itu wajar, demi kenyamanan pegawai dalam melaksanakan tugas.

"Kami berharap berdirinya gedung yang megah ini dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan inspirasi kepada kelurahan lainnya," katanya.

Dengan adanya fasilitas gedung baru yang megah, diharapkan dapat mendorong semangat pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Upacara "pemelaspasan" yang dipimpin oleh Ida Pedanda Rsi Bhujangga Wesnawa dari Grya Penatih, mengambil tingkatan upacara madyaning utama.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan pentas tari-tarian dan bondres.(*)


Video
No Video.
Facebook
Twitter