Profil

LAPORAN TAHUNAN



LAPORANTAHUNAN

KELURAHAN PENATIH

KECAMATAN DENPASAR TIMUR KOTA DENPASAR

 TAHUN 2015

 

 

PEMERINTAH KOTA DENPASAR

KECAMATAN DENPASAR TIMUR

 

 

KELURAHAN PENATIH

 

Jl.  PADMANo.171DENPASAR

KOTA DENPASAR

 Email: penatih.denpasarkota.go.id

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/ TuhanYang Maha Esa, sehingga laporan tahunan ini dalam pelaksanaan kegiatan Kelurahan  Penatih Tahun  2015dapat diselesaikan dengan baik, walaupun masih ada kekurangan- kekurangan, laporan tahunan ini dibuat satu tahun penuh tahun 2015;

Laporan tahunan kegiatan  Kelurahan Penatih  ini meliputi Sekretariat, Seksi Tata Pemerintahandan Trantib, Seksi Pemerdayaan Masyarakatdan Seksi Keserjahtraan Rakyat dan Seksi Pelayanan Umum;

Laporan tahunan ini merupakan suatu acuan dan dasar evaluasi dalam pelaksanaan  kegiatan dan program kerja tahun sebelumnya dan untuk perbaikan tahun yang akan datang;

Demikian laporan tahunan ini dapat dipergunakan untuk bahan selanjutnya, dan laporan tahunan ini masih belum sempurna, untuk saran dan kritik sangat diperlukan sebagai bahan untuk tahun yang akan datang.

 

Denpasar, 31 Desember 2015

       Kepala Kelurahan Penatih

 

 

 

          Wayan Herman, S.Sos.

        NIP.19650321 198602 1 007

 

 

               

 

 

 

 

BAB. I

PENDAHULUAN

I.1 UMUM

 

 Otonomi Daerah adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dari pengertian tersebut di atas maka akan tampak bahwa daerah diberi hak otonom oleh pemerintah pusat untuk mengatur dan mengurus dan menata kepentingan dalam rumah tangganya sendiri.

Dari Implementasi otonomi daerah telah memasuki era baru atau suasana pencerahan didaerah  setelah pemerintah dan DPR sepakat untuk mengesahkan UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah.

Selaras serta sejalannya dengan diberlakukannya undang-undang otonomi daerah tersebut memberikan kewenangan penyelenggaraan pemerintah daerah yang lebih luas, nyata dan bertanggung jawab. Adanya perimbangan tugas fungsi dan peran antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah tersebut menyebabkan masing-masing daerah harus memiliki penghasilan yang cukup, daerah harus memiliki sumber pembiayaan yang memadai untuk memikul tanggung jawab penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan demikian diharapkan masing-masing daerah akan dapat lebih maju, mandiri, sejahtera dan kompetitif di dalam pelaksanaan pemerintahan maupun pembangunan daerahnya masing-masing.

Untuk itulah Kelurahan Penatih sebagai salah satu perangkat wilayah di Kecamatan Denpasar Timur mempunyai peranan yang amat sangat  penting sebagai ujung tombak pelayanan terhadap masyarakat. Kelurahan akan selalu berhubungan langsung dengan masyarakat sebagai perangkat wilayah terkecil atau terbawah dalam struktur pemerintahan.

 

        

 

I.2  MAKSUD DAN TUJUAN

 

Adapun maksud dan tujuan dibuatnya Laporan Tahunan Kelurahan Penatih ini adalah :

1.    Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun 2015.

2.    Sebagai bahan evaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan dan dijadikan acuan untuk pelaksanaan kegiatan di tahun berikutnya.

3.    Sebagai wujud pertanggung jawaban kegiatan Kelurahan Penatih.

             

I.3  LANDASAN HUKUM

1.    Undang-undangNomor 1 Tahun 1992 tentangPembentukanKotamadya Daerah Tingkat II Denpasar ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1992 Nomor 9, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor    3465 ) ;

2.    Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) Sebagaimana telah diubah dua kali terakhir dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4844);

3.    Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2005 Tentang Kelurahan;

4.    Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintah Antar Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4737);

5.    Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 89, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia  Nomor 4741);

BAB.II

GAMBARAN UMUM

 

II.1  GEOGRAFIS

Kelurahan Penatih merupakan salah satu Kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Penatih, dengan luas wilayah seluas  (281Ha)  yang terdiri dari 10 Lingkungan dan 4 Desa Adat Pekraman. Adapun batas-batas wilayah Kelurahan Penatih sebagai berikut :

Sebelah Utara          :Desa Jagapati

Sebelah Selatan      : Desa Kesiman Petilan

Sebelah Timur          :Desa Penatih Dangin Puri

Sebelah Barat          :Desa Peguyangan Kangin

II.2  KEPENDUDUKAN

Berdasarkan data BIP dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar sampai dengan Bulan Desember 2015, kondisi kependudukan di wilayah Kelurahan Penatihsebagai berikut :

 

No

Kelurahan

Jumlah Tahun Sebelumnya

Jumlah Tahun ini

KK

L

P

KK

L

P

1

Penatih

1856

1786

70

2395

2320

75

JUMLAH

1856

1786

70

2395

2320

75

         
 

 

LuasWilayah                                              : 281Ha

Jumlah Lingkungan                                   : 10

Jumlah Desa Adat Pekraman                :  4

Jumlah Penduduk                                      :  9500 orang

-Laki-laki                                                      : 4763 orang

-Perempuan                                                : 4737orang

Kepala Keluarga                                         : 2395 KK

 

II.3  INVENTARIS KANTOR

Dalam rangka kelancaran tugas-tugas di Kantor Kelurahan Penatih mempunyai sarana dan prasarana sebagai berikut :

a.     Kendaraan Dinas Terdiri dari 3Kendaraan Bermotor  yang dipergunakan oleh  :

1.    Lurah

2.    Sekretaris Kelurahan

3.    Caraka

b.     Daftar Inventaris Barang (terlampir).

a.      Meja Kerja  10

b.      Kursi Kerja 15kursi

c.       Kursi Lipat 50kursi

d.      Sofa 2  set

e.      Rak Arsip  1  Set

f.        Filling Kabinet 3Set

g.      Komputer 2 Set

h.      Sepeda Motor 3 Unit

i.        AC 7  Unit   APBD

j.        Kipas Angin 0 Unit

k.       TV berwarna  3 (Swadaya)

 

II.4  SARANA PENDIDIKAN

SaranaPendidikan yang ada diwilayah Kelurahan Penatihterdiri dari:

a. TK/Paud/Bkb    :    10 Sekolah TK / 12 Sekolah  PAUD. 5 Sekolah BKB

b.SD/MI             :    terdiri dari SDNegeri4Sekolah

       c. SLTP/MTs        :     terdiri dari SMP.  Swasta1 Sekolah

d. SLTA/MAN       :     Tidak Ada

e. Perguruan Tinggi : terdiri dari1 Perguruan Tinggi Negeri dan 1 Perguruan Tinggi swata

e. SLB                 :     Tidak ada

II.5  SARANA KESEHATAN

Sarana dan prasarana Kesehatan yang tersedia di Kelurahan Penatihpada saat ini terdiri dari :

a.      Puskesmas                           :  Puskesmas Pembantu

b.     Posyandu                                       :   10Posyandu

c.      Klinik                                    :   0Klinik

d.      Rumah Bersalin (Bidan)           :   0

e.      Dokter Praktek                      :   0

 

II.6  SARANA PERIBADATAN

Sarana dan prasarana yang digunakan sebagai peribadatan umat beragama di Wilayah Kelurahan Cibodasari :

a.      Masjid               :       0Masjid

b.     Mushollah          :       0Musholla

c.      Majelis Ta’lim     :       0Majelis Ta’lim

d.      Gereja               :       0Gereja

e.      Vihara               :       0

f.       Pura                  :       60 Pura

 

II.7  SARANA OLAHRAGA

SaranaOlah Raga yang ada diwilayah Kelurahan Penatihterdiri dari:

a.      Lapangan SepakBola            :     1 lapangan

b.      Lapangan Badminton:     1 GOR

c.      Lapangan Basket         :     1 GOR

d.      Lapangan Futsal          :     0   Lapangan

e.      Meja Pingpong             :     6 Meja

f.       Lapangan Bola Volly    :     4 Lapangan

 

 

BAB.III

LAPORAN PENYELENGGARAAN KEGIATAN

 

III.1 SEKRETARIAT

1.  Umum

a.    Penyusunan Daftar Inventaris Perlengkapan dan Inventaris Barang pada tahun 2015, Kelurahan Penatih;

b.    Penataan Arsip-arsip surat masuk dan surat keluar tahun 2015.

c.    Mengkoordinir kegiatan-kegiatan Kasi Kelurahan Penatih tahun 2015.

d.    Penyusunan Profil Kelurahan Tahun 2015

e.    Memelihara kebersihan Kantor Kelurahan dan lingkungan kantor

f.     Melaksanakan ratpat koordinasi dengan para Lingkunganse Kelurahan Penatih

g.    Menyusun rencana anggaran Kelurahan Penatihdalam Musrenbang

h.    Melaksanakan peremajaan Lingkungan

 

2.    Kepegawaian

a.    Jumlah pegawai yang ada di Kelurahan Pentih sebanyak18orang terdiri atas10orang PNS. dan8orang  Tenaga Kontrak

b.    Pembinaan dibidang kepegawaian bagi Pegawai se-Kelurahan Penatihyang bertujuan untuk menegakkan disiplin pegawai dalam mematuhi kewajiban sebagai pegawai.

 

III.2  SEKSI PEMERINTAHANDAN TRANTIB.

1.    Dalam rangka tertib data kependudukan, diupayakan dengan cara :

a.    Pencatatan perkembangan penduduk bulanan (lahir, mati, pindah, datang) dan melaporkan ke Kecamatan Denpasar TimurTahun 2015. Adapun perkembangan mutasi penduduk selama tahun 2015adalah :

 

Mutasi Penduduk

Laki-laki

Perempuan

Lahir

25

27

Meninggal

19

14

Pindah

68

104

Datang

51

49

 

b.    Pemberlakuan Surat Pengantar Kepala Lingkungansetempat sebagai salah satu persyaratan pengurusan administrasi sabagai filter awal sebelum berkas diproses lebih lanjut.

2.    Kelurahan Penatihterdiri dari 10 Lingkungandan 4 Desa Adat Pekraman.Dalam rangka meningkatkan fungsi dan peranan RT dan RW dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi Pemerintahan Daerah, Kelurahan Penatihmelakukan beberapa kegiatan antara lain :

a.    Mengadakan rapat koordinasi dengan Kepala Lingkunganse-Kelurahan Penatihyang dilaksanakan  1(satu) bulan sekaliyang berfungsi sebagai talisilaturahmi daninformasi antara pemerintah dan masyarakatatau sebaliknya

b.    Melaksanakan peremajaan Kepala Lingkungan  Tahun 2015sebanyak 1Kepala Lingkunganantaralain Lingkungan Tembau Kelod  yang telahhabismasa baktinya.

 

III.3  SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Kegiatan yang telah dilaksanakan Seksi Pemerdayaan Masyarakatselama tahun 2015, yang kegiatannya adalah :

Proses penyerapan aspirasi dan kebutuhan dasar masyarakat di tingkat Kelurahan, maka dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kelurahan yang diurutkan berdasarkan skala prioritas sebagai dasar pelaksanaan pembangunan di tahun berikutnya.

 

III.4  SEKSI KESEJAHTRAAN RAKYAT

 

Kegiatan bidang kemasyarakatan yang telah dilaksanakan selama tahun 2015, antara lain :

1.    Verifikasi Data Sasaran Program Penanggulangan Kemiskinan (PPLS 2011)

2.    Penyaluran Raskin 2015kepada 128RTS-PM (Rumah Tangga Sasaran Penerimaan Manfaat)

3.     Peningkatan Kesehatan Dan Lingkungan Hidup

4.    Monitoring ke Posyandu se Kelurahan Penatih

        

III.5  SEKSI PELAYANAN UMUM

Pelaksanaan administrasi dilakukan sesuai aturan yang berlaku dan menggunakan buku administrasi. Rincian pelayanan administrasi yang telah dilaksanakan selama tahun 2015:

a.    Surat Masuk                      :458surat

b.    Surat Keluar                      : 343surat

c.    Pengantar KTP                 : 201register

d.    Kartu Keluarga                  : 272register

e.    Kematian                            : 105register

f.     Kelahiran                           : 203register

g.    Pindah                                : 116register

h.    Datang                                : 40register

i.      Nikah                                  : 66register

j.      Keterangan Waris             : 22register

k.    Keterangan Usaha           : 83register

l.      Pengantar SKCK              : 202register

m.   Ijin Keramaian                   : 1register

n.    SKTM                                  :0 register

o.    Keterangan Umum           : 367register

p.    Belum Menikah                 :129register

BAB. IV

PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN MASALAH

III.1  Sekretariat

Permasalahan :

a.    SebagianStaf Pelaksana Kelurahanmasih ada 7 orang Tenaga Kontrak

b.    KurangnyaSumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang di Kelurahan Penatih

c.    Pelinggih/PadmasanaKelurahan Penatihmasih Tipe bangunan lama, Perlu di renovasi.

Pemecahan Masalah :

a.      Staf Tenaga Kontrakdapat diangkat menjadi PNS.

b..     Sumber daya manusia dan sarana prasarana penunjang  di Kelurahan Penatih dapat terpenuhi.

 

III. 2  Bidang Pelayanan Umum

Hal-hal Penting ::

Didalam pelayanan KTP dan KK SIAK terkadang masih ada warga yang tidak melengkapi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan;

Pembuatane-KTP yang sudah tercetak masih banyak data yang salah cetak atau e-KTP rusak, sehingga harus dicetak ulang yang memerlukan waktu cukup lama, hal ini dikarenakan proses pencetakan e-KTP masih dilakukan oleh pihak Kementrian Dalam Negeri.

Masih banyaknya penduduk pendatang di Kelurahan Penatih atau warga pendatang yang belum melaporkan diri

 

 

 

 

Pemecahan hal-hal:

Setiap pembuatan surat-surat ke kelurahan kepada warga agar melengkapi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan.

Agar kepada warga agar memperbaiki e-KTP yang salah cetak atau e-KTP rusakke Kantor Kecamatan Denpasar Timur dan mengajukan kembali pembuatan KTP baru.

Himbauan kepada  Kepala Lingkungan  agar tidak mudah memberikan pelayanan kepada warga pendatang sebelum identitas kependudukannya jelas.

 

III.3 Bidang Pemerdayaan MasyarakatKelurahan Penatih

Hal-hal penting :

Kurang koordinasi antara Dinas/Instansi pengelola  yang melaksanakan pembangunan di wilayah dengan  Kelurahan Penatihsehingga susah mendapatkan data/pengawasan

Pemecahan masalah: Diharapkan bagi Dinas/ Instansi pelaksana pembangunan di wilayah supaya berkoordinasi dengan Kelurahan.

 

III.4  Bidang Kesejahtraan Rakyat

Hal-hal Penting:

a.    Telah terjadi pengurangan warga miskin yang tidak terdaftar dalam TNP2K, sehingga warga miskin tidak bisa untuk mendapatkan raskin;

b.    Terdapat warga yang tidak mengambil beras raskinsampai batas waktu yang telah ditentukan, sehingga  beras raskindiberikan pada yang membutuhkan;

c.    Agar Pemerintah Daerah Kota Denpasar yang dalam hal diserahkan kepada pihak Bulog, dapat memperhatikan mutu beras tersebut yang akan dikirim ke masyarakat miskin melalui Kelurahan;

 

 

Pemecahan Masalah :

a.   Penyaluran beras raskin dilaksanakan sesuai dengan daftar nama yang sudah ada dalam TNP2K.

b.  Menunggu warga miskin untuk mengambil/melunasi beras raskin sampai dengan waktu yang telah ditentukan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB.V

KESIMPULAN DAN SARAN

IV.1 KESIMPULAN

Laporan Tahunan 2015ini berisikan gambaran umum tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan dan permasalahan-permasalahandalam pelaksanaan kegiatan di Kelurahan Penatih pada tahun 2015.

Pelayanan dasar masyarakat yang optimal akan berjalan dengan baik apabila dibarengi dengan pengembangan sumber daya manusia yang memadai, serta sarana dan prasarana penunjang dengan standar operasional pelayanan agar menciptakan pelayanan yang optimal.

Secara garis besar pelaksanaan kegiatan-kegiatanTahun 2015berjalan dengan baik/optimal walaupun masih ada kekurangan karena disebabkan faktor-faktor tertentu. Hal tersebut merupakan bahan evaluasi bagi kami untuk pelaksanaan tugas di tahun mendatang.

IV.2  SARAN

Pelaksanaan hasil kegiatan ini dan hasil kajian kami setelah pelaksanaan kegiatan tahun 2015, tentunya harapan dalam  pelaksanaan kegiatan di tahun mendatang lebih baik lagi atau optimal dan ada beberapa masukan yang dapat kami sampaikan antara lain:

  1. Dalam penempatan pegawaidi KelurahanPenatih diharapkan agar ditempatkan pegawaitersebut yang mempunyai Skil atau keahlian dan profesional dibidangnya sehingga memudahkan dalam pelaksanaan tugas yang telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Denpasar kepada Pemerintahan Kelurahan;
  2. Dalam pelaksanaan tugas perlunyapemenuhan sarana dan prasarana pendukung dalam pelaksanaan tugas di Kelurahan Penatih sehingga hasil yang didapat menjadi lebih baik lagi atau hasil yang optimal;
  3. Adanyapeningkatan  kembali koordinasi dari Dinas/instansi sebagai pengelola/pelaksana proyek-proyek pembangunan yang dilaksanakan  di Kelurahan sehingga memudahkan Kelurahan dalam melaksanakan pengawasan terhadap kegiatan proyek pembangunan tersebut.
  4. Cepat tanggap dari pihak yang berkewenangan setiap adanya usulan maupun saran-saran yang dibuat oleh pihak Pemerintah Kelurahan Penatih agar semua bentuk kegiatan pembangunan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan sebelumnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB. VI

PENUTUP

 

Demikianlah Laporan Tahunan Kelurahan Penatih Tahun 2015 yang disusun dengan segala keterbatasan ini kami buat. Sebagai bukti pertanggungjawaban kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kelurahan Penatih dengan harapan senantiasa mendapat bimbingan dan arahan serta bantuan Bapak Camat Denpasar Timur dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan. Sesuai dengan rencana kerja agar berhasil dengan baik dan secara maksimal.

 

Kami sadari  bahwa segala keberhasilan yang dicapai adalah berkat bimbingan dan kerja sama yang baik dari semua pihak yang terkait. Untuk itu kami harapkan petunjuk serta arahan lebih lanjut dari Bapak Camat Denpasar Timur demi optimalnya pelaksanaan Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat di Kelurahan Penatih.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan kealpaan yang telah kami lakukan, semoga semua amal bhakti diterima oleh Ida Sanghyang Widi Wasa

Demikian laporan tahunan kegiatan dan program kerja Kelurahan Penatih Kecamatan Denpasar Timur Kota Denpasar Tahun 2015 ini kami sampaikan agar maklum dan sebagai bahan evaluasi serta acuan kegiatan pemerintah di Tahun berikutnya.

 

Denpasar, 31 Desember 2015

       Kepala Kelurahan Penatih

 

 

 

          Wayan Herman, S.Sos.

                           NIP.19650321 198602 1 007


Video
No Video.
Facebook
Twitter